Mulai Bermeditasilah Sekarang…!!!

Meditasi mengacu pada suatu keadaan dimana tubuh dan pikiran secara sadar santai dan terfokus. Praktisi seni ini merasakan peningkatan kesadaran, fokus, dan konsentrasi, serta pandangan yang lebih positif dalam kehidupan.

Meditasi paling sering dikaitkan dengan biarawan, mistik dan disiplin rohani lainnya. Namun, Anda tidak perlu menjadi seorang biarawan atau mistik untuk menikmati manfaatnya. Dan Anda bahkan tidak harus di tempat khusus untuk berlatih. Anda bahkan bisa mencobanya di ruang tamu Anda sendiri!

Meskipun ada pendekatan yang berbeda untuk meditasi, prinsip-prinsip dasar tetap sama. Yang paling penting di antara prinsip-prinsip ini adalah bahwa menghapus obstruktif, negatif, dan pikiran mengembara dan fantasi, dan menenangkan pikiran dengan mendalam fokus. Membersihkan pikiran ini puing-puing dan mempersiapkan agar kualitas aktivitas yang lebih tinggi.

Pikiran-pikiran negatif Anda miliki terhadap orang-orang di sekitar anda, bos atau teman kantor yang “bossy”, dan sesuatu yang tidak diinginkan dapat dikatakan berkontribusi pada ‘pengotoran’ dari pikiran, dan menutup pikiran-pikiran negative dengan ‘pembersihan’ agar pikiran dapat berfokus  lebih dalam, pikiran lebih bermakna.

Beberapa praktisi bahkan menutup semua masukan sensorik, tidak melihat, tidak mendengar, dan tidak menyentuh dan mencoba untuk melepaskan diri dari keributan di sekitar mereka. Sekarang Anda mungkin dapat fokus yang mendalam, suatu pemikiran mendalam ini adalah tujuan Anda. Ini mungkin tampak mengganggu pada awalnya, karena kita terlalu terbiasa untuk terus mendengar dan melihat sesuatu, tetapi karena Anda terus latihan ini Anda akan menemukan diri Anda menjadi lebih sadar akan segala sesuatu di sekitar Anda.

Jika Anda menemukan posisi bermeditasi yang mengancam dan mustahil, punggung melengkung, dan posisi menyakitkan,  Anda tidak perlu khawatir. Prinsip di sini adalah untuk berada dalam posisi yang nyaman yang kondusif untuk konsentrasi. Ini mungkin sambil duduk bersila, berdiri, berbaring, dan bahkan berjalan.

Jika posisi yang memungkinkan Anda untuk bersantai dan fokus, maka itu akan menjadi titik awal yang baik. Sementara duduk atau berdiri, punggung harus lurus, tetapi tidak tegang atau kaku.

Pakaian yang nyaman banyak membantu dalam proses bermeditasi karena pakaian ketat memiliki kecenderungan membuat Anda merasa tegang.

Tempat Anda melakukan meditasi harus memiliki suasana yang menenangkan. Ini mungkin di ruang tamu Anda, atau kamar tidur, atau tempat yang Anda merasa nyaman masuk Anda mungkin menginginkan matras jika Anda berencana untuk mengambil pada posisi yang lebih menantang (jika Anda merasa lebih fokus melakukannya). Anda mungkin ingin memiliki tempat diatur agar menenangkan kesadaran Anda.

Kesunyian membantu kebanyakan orang bersantai dan meditasi, sehingga Anda mungkin ingin area tenang terisolasi jauh dari dering telepon atau dengung mesin cuci. Aroma menyenangkan juga membantu dalam hal tersebut.
Para biksu yang Anda lihat di televisi membuat suara-suara monoton yang benar-benar melakukan mantra mereka. Hal ini, pada istilah yang sederhana, adalah sebuah keyakinan pendek, suara yang sederhana, untuk praktisi ini, memiliki nilai mistik.

Anda tidak perlu melakukan seperti itu, namun itu penting untuk dicatat bahwa fokus pada mengulangi tindakan seperti pernapasan, dan bersenandung membantu praktisi memasuki keadaan kesadaran yang lebih tinggi.

Prinsip di sini adalah fokus. Anda juga dapat mencoba memfokuskan pada objek tertentu atau berpikir, atau bahkan, sambil menjaga mata Anda terbuka, fokus pada suatu pemandangan yang tunggal.

Satu contoh ketika berada dalam keadaan meditasi, Anda fokuskan bagian dari tubuh Anda dan kesadaran Anda berfokus pada bagian itu. Saat melakukan hal ini Anda harus dapat mengetahui setiap ketegangan pada setiap bagian tubuh Anda. Secara mental memvisualisasikan melepaskan ketegangan ini. Ajaibnya, itu bekerja.

Terdapat juga CD music meditasi yang telah terbukti secara ilmiah untuk mengubah gelombang otak Anda sedemikian rupa untuk membantu Anda mencapai meditasi yang mendalam.

Secara keseluruhan, meditasi merupakan praktik yang relatif bebas risiko dan manfaatnya.

Studi telah menunjukkan bahwa meditasi membawa manfaat efek fisiologis bagi tubuh. Dan telah terjadi konsensus berkembang dalam komunitas medis untuk mempelajari lebih lanjut dampak tersebut. Jadi mulai sekarang dalam menciptakan kesehatan dan kesejahteraan …

Jadi, mulai BERMEDITASILAH….Sekarang!

Maha Yoga Kundalini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: