8 Tahapan Menuju Yoga versi MAHA YOGA KUNDALINI INDONESIA

Untuk menuju yoga, kita mesti melewati 8 tahapan:

1.Pengendalian diri
2.Pasrah
3.Menjaga diri
4.Pengembangan cinta kasih
5.Melepaskan diri dari keterikatan dan keliaran pikiran
6.Konsentrasi
7.Meditasi
8.Samadhi


Penjelasan singkat:

1.Pengendalian diri :

Hidup ini bersifat material n spiritual, tahapan ini menjelaskan bagaimana kita bisa mengendalikan diri, dari hal-hal yang bersifat material. Mengendalikan diri bisa juga disebut meredam emosi. Disini kita belajar menyeimbangkan pikiran agar selaras dengan jiwa. Cara sederhana utk mengendalikan diri dari hal-hal material adalah membangkitkan kesadaran jiwa dan meredam berbagai emosi dengan berpikir bahwa kematerialan bersifat sementara.

2.Pasrah :

Jika kita berdoa dan memohon artinya kita menginginkan sesuatu (harapan), namun ketika kita PASRAH, kita melepaskan jiwa kita kepada TUHAN, semestinya kita jangan berharap, karena TUHAN mempunyai hak menerima atau menolak permohonan kita, Jika kita Pasrah dan berusaha, Tuhanpun mempunyai hak memberikan kebutuhan dalam hidup kita. Tanpa kepasrahan akan sulit kita mencapai YOGA. Pasrah disini artinya kita menyerahkan segala sesuatunya kepada TUHAN YME, meski demikian praktisi Yoga juga diwajibkan memikirkan materi namun jangan sampai terbawa arus materi yang penuh dengan ilusi.

3.Menjaga diri :

Dalam tahapan menuju yoga disini bukanlah menjaga diri dari kejahatan (bela diri) dan kenegatifan yg ada disekitar kita. Namun menjaga diri dari ketidak seimbangan yg mungkin terjadi pada diri sendiri dan orang lain. Dalam tahapan ini kita diharapkan menjaga keseimbangan dan keselarasan antara PIKIRAN, PERKATAAN dan PERBUATAN.

4.Pengembangan cinta kasih :

Tahapan ini kita belajar mengembangkan cinta kasih yang sudah ada pada diri kita masing-masing, tapi sebelumnya terlebih dahulu kita mengasihi dan mencintai diri kita sendiri agar kita bisa menebar kasih pada ada yang di sekitar kita menyalurkan berkat yang kita terima dari Tuhan.

5.Melepaskan diri dari keterikatan dan keliaran pikiran :

Setiap manusia memiliki tujuan, jika tak dipicu dg hal-hal material tujuan ini tak akan dipenuhi. Oleh karena itu tahapan ini mengajarkan kita untuk melepaskan diri dari keliaran pikiran dan kita tidak harus mengidamkan hal-hal material/keduniawian. Manusia memang mempunyai batas untuk menahan segala nafsu pikirannya, dan musuh utama manusia adalah keliaran pikirannya itu sendiri, keliaran pikiran menjadi kutub negatif yang selalu mempengaruhi pikiran manusia dan membuat akal sehat manusia menjadi tidak seimbang (tak terkendali). Tahapan ini menjadi pokok pengendali suatu Yoga karena ini merupakan pusat pengendali pikiran.

6. Konsentrasi :

Konsentrasi adalah memusatkan pikiran pada “pemusatan” tertentu sehingga kita dapat mendalami sesuatu, Dengan konsentrasi kita dapat menciptakan hal-hal yang spesifik. Dengan konsentrasi pula kita dapat mengalami banyak hal yang sebelumnya belum kita ketahui / belum kita pahami. Dalam berkonsentrasi, kita memikirkan suatu fokus yang memotivasi kita untuk sementara tidak memikirkan hal-hal keduniawian. Motivasi ini membuat kita terpacu untuk melakukan dan mendalami hal-hal yang sudah kita ketahui atau yang belum kita ketahui. Konsentrasi perlu ditunjang dengan suasana yang sunyi dan netral sehingga kita tak mempunyai beban pikiran yg berat, keadaan stress akan membuyarkan konsentrasi kita, akibatnya kita tidak bisa berpikir jernih dan apa yg ingin kita wujudkan akan sia-sia.

7. Meditasi :

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mendengar kata meditasi. Meditasi adalah pembangkitan energi metafisika spiritual yg seimbang dan selaras yg bersumber dari akal pikiran yg jernih. Dalam meditasi pikiran tidak akan beralih kemanapun juga karena kita harus melepaskan keterikatan dan keliaran pikiran terhadap hal-hal material. Jika dalam meditasi kita masih terikat oleh keliaran pikiran, kita akan kesulitan mendalami yoga dan tidak akan mampu melanjutkan ketahap berikutnya.

8. Samadhi :

Samadhi adalah titik akhir dari 8 tahapan menuju yoga, Samadhi adalah pengendalian energi metafisika, spiritual dan Material yang seimbang untuk menuju kepada pembangkitan chakra yg menjadi permulaan yoga. Maka jelaslah bahwa setelah melakukan samadhi kita masih tetap perlu menyeimbangkan seluruh energi yg ada pada tubuh kita. Samadhi merupakan permulaan dari yoga yg akan kita jalankan.

Ask : Tahapan manakah yg paling penting menuju KUNDALINI YOGA ?
Question : 3 tahapan terakhir KONSENTRASI, MEDITASI, dan SAMADHI.

KONSENTRASI : untuk meningkatkan dan membuka sahasrara chakra (chakra mahkota) agar siap menerima energi spiritual
MEDITASI : mengambil energi spiritual dan menyimpan energi tersebut di anahata chakra (chakra hati)
SAMADHI : proses pengaktifan KUNDALINI dg semua energi yang sudah terhimpun.

(Dirangkum dari buku 8 TAHAPAN MENUJU YOGA karya GRAND MASTER ADHITYA INDRA)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: